Kenapa kita harus investasi?

1 03 2007

Kenapa kita harus investasi? Bukankah uang kita sudah cukup bertambah dengan ditabung? Sapa tau dapat undian mobil Mercy atau Avanza yah lumayan lah. Apakah kita seperti itu?

Istilah Investasi sering kita dengar akhir-akhir ini, mulai dari beli rumah, menaruh uang di reksadana,  beli saham di bursa efek, beli franchise McD or KFC, merupakan beberapa contoh usaha untuk berinvestasi.

Tidak jarang kita harus membayar mahal untuk jasa konsultasi sehingga titel CFA, ChFC, FRM dan lain-lain laris manis. Investor berpikir dengan adanya konsultan maka invetasikan akan berkembang lebih cepat daripada kalo melakukan sendiri.

Semua itu tidak terlepas dari motif untuk berinvestasi sebagai berikut:

  1. Nilai uang semakin lama semakin menurun. Uang sekarang senilai Rp 10 ribu pada    1 tahun mendatang akan bernilai kurang dari itu (Time value of money).
  2. Perlunya instrumen untuk menutup rongrongan Inflasi. Di Indonesia inflasi beberapa tahun terakhir sekitar 5-15% per tahun.
  3. Instrumen keuangan yang semakin beragam, terlebih dengan adanya transaksi derivatif seperti Swap, Forward, IRS dan lain-lain.
  4. Mengikuti ayunan (swing) pemulihan ekonomi Indonesia dimana banyak indikator ekonomi menunjukkan perbaikan.
  5. Beberapa Investor memang harus memutarkan dana yang ditempatkan agar memperoleh profit yang ditargetkan. Mereka ini sering disebut Hedge Fund atau Manajer Investasi, contohnya Warren Buffet di pasar saham dan George Soros di FX. Dengan fasilitas margin trading mereka memiliki kemampuan transaksi hingga mencapai 5x lipat dana deposit atau lebih.

Nah selanjutnya instrumen seperti apa yang cocok untuk kita-kita para banker dalam berinvestasi? Sebenarnya itu semua kembali ke risk appetite masing-masing. Yang hobi menempuh risiko ya silakan mengambil obligasi, saham atau reksadana yang bersifat agresif. Yang adem ayem ya silakan menaruh investasi di deposito atau reksadana pendapatan tetap dan pasar uang.

Apapun alasannya dalam berinvestasi, yang jelas harus memiliki konsep yang jelas dan sadar diri sendiri deh…


Actions

Information

One response

28 11 2013
Istanamurah

karena investasi sangat penting untuk masa yang akan datang gan terutama masa tua nanti, :d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: