Cross Selling

28 02 2007

Setelah baca artikel di Detik.com tentang profil Sigit Pramono, Direktur Utama Bank BNI 46 yang presentasi para diplomat Indonesia yang bekerja di Eropa dan AS, ada beberapa hal yang sangat menarik untuk disimak.

Meskipun sudah mencapai level Direktur, beliau masih sempat menawarkan produk bank seperti kartu kredit dan kredit KPR. Artinya sebagai banker juga harus menjalankan fungsi sebagai salesman dimanapun kondisi memungkinkan.

Takutttt..maluuuu…kan udah ada sales force… yah itu paling yang sering diucapkan banker kalo disuruh jualan produk. Kayaknya sedang menghadapi perang aja. Sebenarnya kita harus banyak belajar dari para praktisi pemasaran di dunia MLM.

Mengapa? Di MLM setiap distributor dengan senang hati membagikan informasi produk kepada siapa saja..kalo perlu ada waktu 5 menit saja pasti disamber. Mereka juga gigih meski kita sering beteeeeeeee banget. Lho apa salahnya meniru yang baik.

Kita juga harus belajar dari KFC dalam menawarkan dagangannya. Saya ingat pertama kali KFC masuk ke Indonesia, mereka selalu menawarkan produk lainnya (cross selling) meski kita sudah pesan suatu paket…kentangnya Paaakk….pudingnya Buuuu…Asik gak tuh

Apapun posisi kita di bank gak ada salahnya belajar sedikit produk-produk yang ada trus coba menawarkan pada nasabah kita. Jika itu berjalan, wahhhh…dahsyat!! Bank BNI 46 atau Mandiri minimal punya pegawai 10 ribu. Bayangkan kalo mereka masing-masing menawarkan 2 saja produk….heheheheh

Tabungannya Pakkkk….kartu kreditnya Buuuu…Depositonya Masss


Actions

Information

3 responses

18 04 2008
ahmad fadli

Tolong kami dikirimi info bisnis dan bank. thanks

7 02 2009
erick

saya kerja di bank pemerintah, kebetulan bagian analis kredit, bisa minta referensi tentang analisa kredit donk…

14 04 2014
Istanamurah

Harus belajar banyak nampaknya nih mengenai ilmu ini, trims!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: